STRATEGI BISNIS PT.HERO SUPERMARKET
Berita mengejutkan pada perusahaan besar di Indonesia yaitu Giant
telah ditutup permanen di bulan Juli 2021. Gerai yang akan ditutup berjumlah
395 gerai. Berdasarkan data dari Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia 7 ribu
karyawan Giant terancam menganggur. PT.Hero Supermarket sebagai induk
perusahaan akan merubah strategi bisnisnya yang berfokus pada pengembangkan
Ikea Garden dan Hero Supermarket. Banyak pelajaran buat para pengusahawan
terutama pada sektor ritel.
Pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini, pertama bigger
is not always better (Lebih besar tidak selalu lebih baik). Besar belum
tentu lebih baik di zaman now karena besar berarti modal besar, banyak karyawan,
banyak barang dan stok. Berarti fixed cost atau biaya tetap yang juga
besar .Seperti kapal besar akan sulit untuk mengganti arah apabila ada
perubahan haluan terutama di era yang penuh ketidakpastian seperti sekarang ini.
Buktinya Matahari dan Ramayana pun sedang babak belur waktu pertama 2021 terutama
dalam menghadapi masa pandemi ini. Mereka semua mengalami penurunan penjualan
yang besar bahkan pendapatan Ramayana turun hampir 50% .Dan jika perhatikan lagi
bisnis-bisnis yang berkembang sekarang adalah bisnis yang menghilangkan biaya
tetap dan modal yang besar seperti biaya karyawan digantikan oleh go-jek. Biaya
sewa kantor digantikan oleh aspek lainnya.
Pelajaran kedua ialah perilaku kostomer ritel berubah. PT Hero Supermarket
walaupun menutup bagian yang berfokus kepada penjualan volume besartetapi ia
tetap mempertahankan Hero Supermarket yang lebih kecil ukurannya dan akan lebih
dekat kepada kostomer. Info dari Asosiasi Logistik Indonesia di tahun 2002 satu
sektor logistik mencetak pertumbuhan fantasi 18,1% selama pandemic. Artinya data
ini membuktikan bahwa konsumen lebih ingin berbelanja ke lokasi yang lebih
dekat dengan mereka kalau bisa ada di depan pintu rumah mereka. Shopee memiliki
strategi digital dan buat produk tersedia untuk delivery. Strategi ini adalah
sebuah keharusan yang perlu dimiliki untuk produk dan jasa anda sebagai
pembisnis. Seorang pengusaha belum memiliki strategi digital di zaman sekarang
sebaiknya hati-hati dalam melangkah.
Ketiga fokus kepada produk yang memiliki keuntungan besar. Giant
ditutup dan PT Hero Supermarket berfokus kepada Hero dan Ikea, artinya berfokus
kepada keuntungan yang lebih besar dan lebih kepada bisnis to customer atau
penggunaan langsung kepada target pemasaran. Orang yang beli produk dengan
jumlah banyak untuk dijual lagi maka biasanya sensitif terhadap suatu harga. Apalagi
sekarang sangat mudah untuk mengecek harga online. Ikea menjual furniture
menjual gaya hidup menjual brand atau merek dan juga produknya tidak akan expired
dan dengan harga yang lebih sulit dibandingkan dikarenakan mereka memiliki
produk yang inovatif dan hasil karya mereka sendiri. Dibandingkan dengan jualan
mie instan, minyak goreng atau barang lainnya akan mudah dicari penggantinya
dengan membandingkan kualitas dan harga yang berbeda.
Nice info
BalasHapus