STRATEGI BISNIS PT.HERO SUPERMARKET

 


Berita mengejutkan pada perusahaan besar di Indonesia yaitu Giant telah ditutup permanen di bulan Juli 2021. Gerai yang akan ditutup berjumlah 395 gerai. Berdasarkan data dari Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia 7 ribu karyawan Giant terancam menganggur. PT.Hero Supermarket sebagai induk perusahaan akan merubah strategi bisnisnya yang berfokus pada pengembangkan Ikea Garden dan Hero Supermarket. Banyak pelajaran buat para pengusahawan terutama pada sektor ritel.

 

Pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini, pertama bigger is not always better (Lebih besar tidak selalu lebih baik). Besar belum tentu lebih baik di zaman now karena besar berarti modal besar, banyak karyawan, banyak barang dan stok. Berarti fixed cost atau biaya tetap yang juga besar .Seperti kapal besar akan sulit untuk mengganti arah apabila ada perubahan haluan terutama di era yang penuh ketidakpastian seperti sekarang ini. Buktinya Matahari dan Ramayana pun sedang babak belur waktu pertama 2021 terutama dalam menghadapi masa pandemi ini. Mereka semua mengalami penurunan penjualan yang besar bahkan pendapatan Ramayana turun hampir 50% .Dan jika perhatikan lagi bisnis-bisnis yang berkembang sekarang adalah bisnis yang menghilangkan biaya tetap dan modal yang besar seperti biaya karyawan digantikan oleh go-jek. Biaya sewa kantor digantikan oleh aspek lainnya.

 

Pelajaran kedua ialah perilaku kostomer ritel berubah. PT Hero Supermarket walaupun menutup bagian yang berfokus kepada penjualan volume besartetapi ia tetap mempertahankan Hero Supermarket yang lebih kecil ukurannya dan akan lebih dekat kepada kostomer. Info dari Asosiasi Logistik Indonesia di tahun 2002 satu sektor logistik mencetak pertumbuhan fantasi 18,1% selama pandemic. Artinya data ini membuktikan bahwa konsumen lebih ingin berbelanja ke lokasi yang lebih dekat dengan mereka kalau bisa ada di depan pintu rumah mereka. Shopee memiliki strategi digital dan buat produk tersedia untuk delivery. Strategi ini adalah sebuah keharusan yang perlu dimiliki untuk produk dan jasa anda sebagai pembisnis. Seorang pengusaha belum memiliki strategi digital di zaman sekarang sebaiknya hati-hati dalam melangkah.

 

Ketiga fokus kepada produk yang memiliki keuntungan besar. Giant ditutup dan PT Hero Supermarket berfokus kepada Hero dan Ikea, artinya berfokus kepada keuntungan yang lebih besar dan lebih kepada bisnis to customer atau penggunaan langsung kepada target pemasaran. Orang yang beli produk dengan jumlah banyak untuk dijual lagi maka biasanya sensitif terhadap suatu harga. Apalagi sekarang sangat mudah untuk mengecek harga online. Ikea menjual furniture menjual gaya hidup menjual brand atau merek dan juga produknya tidak akan expired dan dengan harga yang lebih sulit dibandingkan dikarenakan mereka memiliki produk yang inovatif dan hasil karya mereka sendiri. Dibandingkan dengan jualan mie instan, minyak goreng atau barang lainnya akan mudah dicari penggantinya dengan membandingkan kualitas dan harga yang berbeda.

 

Komentar

Posting Komentar